Skip to main content

Si roommate ingin kerja

Malam
“Rosaaa...gue pingin kerja Ros.”
“Kenapa tiba –tiba lu ka?”
“Duh, gue bosan. Setelah gue pikir-pikir banyak waktu gue yang terbuang.”
“Lah, lu bukannya banyak banget kegiatannya”
“Iya sih, tapi masa gue ga ngasilin duit”
“Benar banget ka, liat aja si tetangga kosan kita, si Inang(teman gue sejurusan), ngajarnya ke mana-mana. Jauh dekat , ayo aja.  Gue musti mikir berkali-kali. Takut ini, takut itu.”
Diam. Mikir. Besok-besok gue harus terima tawaran ngajar.
“Masa gue minta ma nyokap gue mulu, ma uang modem, ma uang pulsa. Aduh malu gue, masa di rumah Cuma gue doang yang masih nadah sama nyokap gue. Tadi pagi-pagi  abang gue dibangunin buat kerja, lah gue tidur ampe jam delapan.”
“Ya udah, part time lah”

  1. Posenya mirip si kakak( hahahh,)kennyanderica.com

“Iya itu dia. Tau ga lo, tadi pagi gue bangun langsung apply. Baru dua perusahaan. “
“Bagus ka.”
Sepanjang malam, gue baca, ngenet, tidur, si kakak setia depan netbooknya, pasang tampang serius ga mau diganggu.
Pagi. Gue bangun, si kakak udah bangun duluan.
“Gue berangkat ya ka...,lu ga kemana-mana?”
“Ga, stay di kosan gue.
“Tumben”
Siang
“Wah, seharian lu di kosan ka?( pasang muka tak percaya, si kakak emang orangnya sibuk banget, kuliahnya malam, siang rapat, rapat dan rapat serta ngajar)
“Gimana udah ada panggilan?” ( pertanyaan bodoh gue)
“lah, lu gimana sih, dua mingguan biasanya. Oh ya, gue applynya udah ke delapan perusahaan.”
Ckckkck . Gue ga tahan ketawa. Wah si kakak lagi menggebu-gebu. Entahlah, karena faktor umur, sudah 23 tahun dan belum bekerja, apalagi melihat teman-teman sebaya yang sudah mulai mengembangkan karirnya, maka tak heran si kakak ngebet pengen kerja.
Besoknya, pagi-pagi si kakak bangun, berdoa dan  menandai kelender.
“ Kapan yah, gue dipanggil?
 Kalau sampe dua minggu gue ga dipanggil artinya ada dua.   Usaha gue belum terlalu keras dan yang kedua belum waktunya gue kerja”
“Terus” gue udah ga tahan ketawa
“Yah gitu, “
“Lah, gimana sih lu ka. Baru kemarin dikirim, masih ada harapan lah. Masih belum dua mingguan juga.”
Kita tertawa terbahak-bahak, ngerasa lucu sendiri. Nah lo, ada orang yang apply kerja ke delapan perusahaan dalam sehari, terus udah ngarepin kapan dipanggil sehari berikutnya. Dasar.
 Har i itu kami belajar untuk selangkah lebih maju memikirkan kehidupan kami nantinya. Belajar   untuk lebih mandiri lagi, bisa membagi waktu, lebih bersabar, berani mengatasi ketakutan-ketakutan dan bersiap-siap terjun ke dunia kerja, mulai dari mencari dan seabrek prosesnya.

Comments

  1. Sabar..cari kerja sekarang emang ga gampang :p

    ReplyDelete
  2. weee ada yang curcol.. melirik ke atas...

    eh, tapi asik ko kerja itu! lebih asik dari berorganisasi. hehehe

    ReplyDelete
  3. hemm cuman delapan yah?.. kalo saya dulu Ros, (yeeah mungkin ini boleh kamu share ke temen kamu).. mengirimkan lebih dari 90 lamaran kerjaan baik itu online atau pos. Trus, dari 90 an lebih itu cuman 20 persen yang menindaklanjuti.

    lima persen yang tes sampai tahap akhir, tiga persen yang menerima dan cuman satu yang ahirnya cocok.

    Semakin banyak lamaran yang dikirim kayaknya semakin besar peluang ketrima deh. Dan minimal, nunggu itu dua mingguan buat diproses.

    ReplyDelete
  4. ketakutan itu sekarang belum ku rasakan, tapi dah ada efeknya...semangat Ross :)

    ReplyDelete
  5. Hihihi, sama nih saya juga lagi nyari-nyari kerja biar cepet dapet penghasilan sendiri...
    sayang aja masih belum ada panggilan, hahaha...

    ReplyDelete
  6. hahahaaaaaa....teman yang aneeeh (gaya sinchan)...tapi lucu....

    salam buat temannya....salam uhuy...

    hihiiiii

    ReplyDelete
  7. Cari kerja sekarang emang gak mudah. Perlu usaha keras, kalau perlu lebih keras daripada orang lain. Doa jangan lupa.

    #mumpung diklatnya libur, maka nyempetin mampir kesini

    ReplyDelete
  8. salam yaa buat temannya..
    namanya pangggilan kerja pasti di waktu yang gak di sangka sangka :D

    ReplyDelete
  9. @Yen: iya mba Yen,,

    @Gaphe: wah-wah mas Gaphe makasih banyak nij sharingnya..

    @Ajeng:hehe, bagus dong mba Ajeng, sebenarnya sih g usah pake takut2 dulu, hehehe, harus optimis..

    @EG:iya nih bener bgt darpd minta mulu, hoho..

    @Nufri L: hehe, iya salam uhuy juga..

    @mba Reni:makasih ud sempat berkunjung di tengah diklatnya..iya mba REN,doa paling penting

    @Andriansyah:iya..amin2..

    ReplyDelete
  10. aku juga jadi kepikiran ini. kemaren abis baca bukunya rene yang tentang your job is not your career itu. besok-besok kayaknya bakal baca buku pedoman tes cpns sama latihan wawancara juga. haha.

    gaphe: 90? kalo gitu aku ga mau kalah. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah dibaca,semoga bermanfaat. Silakan menuliskan komentar Anda. Terima Kasih

Popular posts from this blog

Penghargaan bagi lansia

"karena mereka tua oleh waktu tapi kenalilah sejenak masa mudanya" Sumber:http://ibnumada.files.wordpress.com/2010/04/nenek.jpg  Kini kita masih muda lalu menjadi tua secara perlahan-lahan karena waktu yang kian beranjak, Kadang kita suka menyangkal ketuaan kita( hahahaha, suka ngaku-ngaku masih 17, iya ga??)  Lihatlah, sekian banyak kerut di dahi, keriput wajah dan mata yang berbicara tentang kisah hidup yang telah dilewati. Suka dan duka. Di Jepang diadakan satu hari libur besar untuk menghormati para lansia yang diistilahkan Keirou no hi      untuk menghormati kerja keras dari para lansia ini. Upacara ini diperingati setiap hari Senin, mingggu ketiga bulan September. Saya merasa bahwa penghargaan bangsa Jepang terhadap para lansia sangat besar sampai hari itu diliburkan apalagi hari Senin. Saya bertanya-tanya, di Indonesia ada ga ya? Setelah browsing ternyata di Indonesia juga diperingati hari Lansia, tanggal 29 Mei menurut UU no 13 tahun 1998 lo...

Antara Perpustakan Online & Buku

http://www.ehow.com/about_5586302_laptop-radiation-effects.html Beberapa waktu yang lalu, saya tergelitik dengan sebuah pembicaraan sambil lalu tentang perpustakaan. Yay, seorang pengajar  muda saya mengatakan bahwa, di era sekarang ini, orang lebih menyukai untuk menikmati membaca di perpustaan online, bisa download e-book atau sekedar browsing informasi di Mbah google .  Saya pun berpikir demikian, yah, tinggal search key word nya langsung muncul sederatan informasi yang kita butuhkan. Sekali klik saja bukan? Lagian dengan semangat go green , saya  lebih menyukai soft copy dibanding harus membuat sebuah hand out walau saya  tidak bisa menandai bagian-bagian penting yang harus saya ingat dalam membaca.  Demikian pula dengan seorang teman di samping saya , yang tiba-tiba nyeletuk , “ Ah, lebih enak pake buku bu, ga sakit mata.” ”Iya sih, tapi kebanyakan orang sekarang ingin cari jalan yang lebih singkat, dan dapat menghemat waktu di tengah aktivitas ...

Mimpi A dan B? Menikah?

Ada sebuah kisah nyata percakapan antara seorang A dan seorang B ( nama disamarkan untuk menjaga privasi) di suatu sore yang cerah ditemani burung-burung berkicau. Tentang mimpi mereka masing-masing Biar jelas, akan saya gambarkan pribadi mereka masing-masing. Si  A merupakan seseorang yang bisa dibilang banyak tahu tapi tak tahu banyak juga, punya banyak mimpi indah, dan sepertinya sedang mencari-cari sesuatu tapi tak tahu apa yang sedang ia cari. Sedangkan pribadi B adalah seorang yang sudah bekerja sebagai seorang pekerja rumah tangga yang sangat ahli dalam mengurus urusan rumah tangga. B tidak dapat sekolah, hanya sampai sekolah dasar. Hem, dan apa yang mereka bicarakan adalah kehidupan masa depan. Ketika B tiba-tiba bertanya pada A: B: “mba A, kapan nikah?” A: “nikah? Aiiih , masih lama B, (Si A tak menduga pertanyaan si B, jadinya agak kaget). Lagian belum punya pacar,” B: “belajar mulu sih,” (si A melongo)”teman-teman saya mah udah pada nikah, dari umur 16 an udah ad...