Sunday, August 17, 2014

Dirgahayu Republik Indonesia #69

Google's 17 August 2014 Indonesia Independence day

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA
Selamat memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke 69
Mari sebagai pemuda pemudi lebih prihatin terhadap masalah-masalah sosial politik maupun ekonomi dan berkontribusi sekecil apa pun dalam tugas bersama sebagai masyarakat Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan. 
        
Saya tertarik dengan logo google hari ini atau yang dikenal dengan google doodle hari ini. Gambar tersebut mengingatkan saya pada hari-hari ketika saya duduk di bangku sekolah. Perayaan 17 Agustus selalu meriah. Mulai dari peringatan hari Pramuka pada tiap tanggal 14 Agustus  yang dimeriahkan dengan pawai obor dan karnaval sampai perlombaan rakyat panjat pinang selalu mengasyikan bagi saya. 

Setiap hari peringatan memang selalu dibuat semeriah mungkin. Namun di balik kemeriahan, yang paling ditekankan adalah bagaimana kita mereflesikan cerita perjungan dahulu dan semangat-semangat kemerdekaan dahulu sebagai pembelajaran dan pedoman dalam masa-masa sekarang ini. Masa yang telah jauh dari 69 tahun yang lalu dengan bentuk-bentuk penjajahan lain yang harus dilepaskan dari bangsa Indonesia. Kita masih dijajah oleh sistem-sistem lama, masih banyak kebijakan kebijakan yang belum adil diberlakukan untuk banyak masyarakat lain seperti petani dan kaum minoritas. 

Titik terang sudah nampak, mari kita pemuda pemudi, di sela sela obrolan soal pacar ( bagi yang punya, LOL) gaji, fashion, hobby, mari kita pikirkan juga apa yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk terus mengusahakan kemerdekaan dengan cara dan background masing-masing dalam komunitas dan lingkungan paling kecil sekali pun. 





2 comments:

Terima kasih sudah dibaca,semoga bermanfaat. Silakan menuliskan komentar Anda. Terima Kasih